CARA KERJA VACUUM ADVANCER
Kondisi mesin berbeda - beda saat kendaraan berjalan seperti melalui medan yang menanjak, membawa beban yang berat, kendaran berjalan kencang, dll. Maka dengan berbagai kondisi mesin ini maka campuran udara dan bahan bakar akan berbeda contoh saat mobil menanjak atau membawa beban berat campuran bensin akan lebih banyak daripada udara sehingga membutuhkan waktu perambatan yang lebih lama dari yang semula 0,005 detik pada kondisi mesin stationer (putaran rendah/ idling) bias berubah menjadi 0,008 detik pada saat jalan menanjak atau membawa beban berat, sehingga butuh alat pemaju saat pengapian agar saat campuan bahan bakar dan bensin akan seluruhnya meledak pada 10° setelah TMA. Contoh 2 : saat mesin berputar dengan kecepatan yang tinggi maka putaran mesin akan tinggi dan saat pengapian harus dimajukan sehimgga campuran bahan bakar dan udara akan tetap meledak pada titik 10° setelah TMA. Dan mesin akan tetap menghasilkan tenaga yang besar.

Diafragma pada vakum advance dihubungkan oleh selang ke karburator agar bisa bekerja memajukan saat pengapian berdasarkan kevakuman yang terjadi pada karburator tepatnya di atas throttle valve.
Saat terjadi kevakuman di atas throttle valve karburator maka diafragma pada alat ini akan tertarik karena kevakuman pada karburator dan diafragma akan menarik advancer rod , advancer rod ini berhubungan dengan dudukan platina sehingga saat dudukan platina akan bergeser beberapa derajat ke kiri sehingga tumit platina akan segera tertekan oleh camlobe sehingga saat pengapian akan maju.
Alat Pemaju Saat Pengapian Konvensional :
1. Advance Sentrifugal
2. Advance Vakuum
Advance Vakum
Vacuum advancer adalah pemaju saat pengapian pada saat mesin pada kondisi menanjak, membawa beban berat, atau saat diakselerasi maka campuran bensin akan lebih kaya sehingga waktu perambatan saat pengapian akan menjadi lama, dan saat pedal gas di injak tiba – tiba di atas throttle valve karburator akan terjadi kevakuman, sehingga dibutuhkan alat pemaju pengapian yang bekerja saat campuran bahan bakar dan udara yang kaya dan bekerja berdasarkan kevakuman yang terjadi pada karburator

Diafragma pada vakum advance dihubungkan oleh selang ke karburator agar bisa bekerja memajukan saat pengapian berdasarkan kevakuman yang terjadi pada karburator tepatnya di atas throttle valve.
Saat terjadi kevakuman di atas throttle valve karburator maka diafragma pada alat ini akan tertarik karena kevakuman pada karburator dan diafragma akan menarik advancer rod , advancer rod ini berhubungan dengan dudukan platina sehingga saat dudukan platina akan bergeser beberapa derajat ke kiri sehingga tumit platina akan segera tertekan oleh camlobe sehingga saat pengapian akan maju.
No comments:
Post a Comment