SISTEM PENDINGIN MESIN
(COOLING
SYSTEM)
Tanpa
Katup By Pass :
Komponennya
1. valve
2. Cylinder
4. Wax
5. Jiggle Valve
A.
Thermostat Tanpa Katup By Pass :
Saat
Temperatur Rendah :
Saluran air ke radiator ditutup oleh thermostat sehingga
air Akan mengalir dari blok silinder ke pompa melalui saluran bypass
Saat Temperatur Panas :
Saluran air ke radiator dibuka
( thermostat sudah terbuka )sehingga air akan mengalir
Ø Dari blok silinder ke radiator - pompa – blok silinder
Ø Dari blok silinder – melalui saluran bypass – pompa – blok
silinder
Thermostat Dengan Katup By Pass
Komponen
:
1. Thermostat
2. Saluran bypass
3. Radiator
4. Water Pump
Ø Cara
Kerja Saat Temperatur Dingin :
Saluran bypass yang ada pada thermostat Terbuka sehingga alirannya
Blok mesin – saluran bypass – Water Pump - Blok mesin
Ø Cara
Kerja Saat Temperatur Panas :
Saluran bypass yang ada pada thermostat tertutup sehingga alirannya
Blok mesin – radiator – Water Pump - Blok mesin ( tidak ada air yang
melewati saluran bypass )
Sehingga pendinginan pada saat mesin panas lebih efektif
KIPAS RADIATOR (RADIATOR FAN)
Kipas radiator berfungsi untuk membantu mendinginkan
air yang ada pada radiator dengan menyerap udara dari depan ke belakang untuk
mengalirkan udara ke sirip-srinp radiator agar pendinginan air lebih maksimal.
Macam
– Macam Kipas Radiator :
1.
kipas radiator yang diputar oleh mesin
2.
kipas radiator yang diputar oleh motor listrik
Untuk kendaraan keluaran sekarang sebagian besar
menggunakan kipas radiator tipe motor listrik yang hanya bekerja saat
temperature air pendingin naik yang akan dibaca oleh sensor yang ada pada
saluran air pendingin.
Berbeda dengan kipas radiator dengan motor listrik,
kipas radiator yang diputar oleh mesin akan selalu hidup saat mesin dinyalakan
dan keuntungannya tidak memakan arus listrik.
*)
Catatan :
kipas radiator berbeda dengan kipas yang lain
pemasangannya tidak meniupkan udara namun menyerap udara pemasangan yang
terbalik akan membuat sistem pendinginan tidak normal dan menyebabkan
temperature mesin menjadi naik.
TUTUP RADIATOR
(RADIATOR CAP)
Meski kelihatannya sepele tutup
radiator bukan sembarangan tutup. Tutup ini juga vital dalam sistem
pendinginan. Dalam tutup ini terdapat dua katup yaitu reflief valve dan vacuum
valve, kedua katup ini akan mengatur pemasukan dan pengembalian air radiator di
reservoir tank
Cara Kerja Relief Valve (A)
Katup
ini akan bekerja berdasarkan tekanan yang ada dalam upper tank. Saat upper tank
menampung banyak sekali air yang panas dan bertekanan katup ini akan tertekan
ke atas, karena tekanan pada reservoir lebih rendah dari upper tank, maka air
akan mengalir ke reservoir tank melalui katup relief yang terbuka.
Cara Kerja Vakum Valve (B)
Katup ini akan bekerja saat upper
tank mengalami kekosongan (kevakuman). Saat terjadi kevakuman katup ini akan
tertarik ke bawah oleh kevakuman, karena tekanan upper tank turun dan reservoir
tekanannya lebih tinggi sehingga air mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan
yang rendah dan melewati katup ini dan air kembali masuk ke upper tank radiator.
RESERVOIR TANK
Komponen
ini berfungsi menampung air saat tekanan upper tank radiator naik / saat relief
valve terbuka. Dan berfungsi mengalirkan air kembali saat terjadi kevakuman
dalam upper tank radiator / saat vakum valve bekerja
Apa keuntungan dan kekurangan penggunaan motor fan elektrik?
ReplyDeletesistem pelumasan buatin lur
ReplyDelete