Monday, December 9, 2013

Sistem Pendingin Mobil

SISTEM PENDINGIN MESIN
 (COOLING SYSTEM)
Tanpa Katup By Pass :
Komponennya
1. valve
2. Cylinder
4. Wax
5. Jiggle Valve


A. Thermostat Tanpa Katup By Pass :
Saat Temperatur Rendah :
Saluran air ke radiator ditutup oleh thermostat sehingga air Akan mengalir dari blok silinder ke pompa melalui saluran bypass

Saat Temperatur Panas :
Saluran air ke radiator dibuka ( thermostat sudah terbuka )sehingga air akan mengalir
Ø Dari blok silinder ke radiator - pompa – blok silinder
Ø Dari blok silinder – melalui saluran bypass – pompa – blok silinder

Thermostat Dengan Katup By Pass


Komponen :
1. Thermostat
2. Saluran bypass
3. Radiator
4. Water Pump


Ø Cara Kerja Saat Temperatur Dingin :
Saluran bypass yang ada pada thermostat  Terbuka sehingga alirannya
Blok mesin – saluran bypass – Water Pump - Blok mesin

Ø Cara Kerja Saat Temperatur Panas :
Saluran bypass yang ada pada thermostat  tertutup sehingga alirannya
Blok mesin – radiator – Water Pump - Blok mesin ( tidak ada air yang
melewati saluran bypass )
Sehingga pendinginan pada saat mesin panas lebih efektif


KIPAS RADIATOR (RADIATOR FAN)

Kipas radiator berfungsi untuk membantu mendinginkan air yang ada pada radiator dengan menyerap udara dari depan ke belakang untuk mengalirkan udara ke sirip-srinp radiator agar pendinginan air lebih maksimal.

Macam – Macam Kipas Radiator :
1. kipas radiator yang diputar oleh mesin
2. kipas radiator yang diputar oleh motor listrik

Untuk kendaraan keluaran sekarang sebagian besar menggunakan kipas radiator tipe motor listrik yang hanya bekerja saat temperature air pendingin naik yang akan dibaca oleh sensor yang ada pada saluran air pendingin.
Berbeda dengan kipas radiator dengan motor listrik, kipas radiator yang diputar oleh mesin akan selalu hidup saat mesin dinyalakan dan keuntungannya tidak memakan arus listrik.

*) Catatan :
kipas radiator berbeda dengan kipas yang lain pemasangannya tidak meniupkan udara namun menyerap udara pemasangan yang terbalik akan membuat sistem pendinginan tidak normal dan menyebabkan temperature mesin menjadi naik.


TUTUP RADIATOR (RADIATOR CAP)

Meski kelihatannya sepele tutup radiator bukan sembarangan tutup. Tutup ini juga vital dalam sistem pendinginan. Dalam tutup ini terdapat dua katup yaitu reflief valve dan vacuum valve, kedua katup ini akan mengatur pemasukan dan pengembalian air radiator di reservoir tank

Cara Kerja Relief Valve (A)


Katup ini akan bekerja berdasarkan tekanan yang ada dalam upper tank. Saat upper tank menampung banyak sekali air yang panas dan bertekanan katup ini akan tertekan ke atas, karena tekanan pada reservoir lebih rendah dari upper tank, maka air akan mengalir ke reservoir tank melalui katup relief yang terbuka.
Cara Kerja Vakum Valve (B)
Katup ini akan bekerja saat upper tank mengalami kekosongan (kevakuman). Saat terjadi kevakuman katup ini akan tertarik ke bawah oleh kevakuman, karena tekanan upper tank turun dan reservoir tekanannya lebih tinggi sehingga air mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan yang rendah dan melewati katup ini dan air kembali masuk ke upper tank radiator.

    RESERVOIR TANK                         


Komponen ini berfungsi menampung air saat tekanan upper tank radiator naik / saat relief valve terbuka. Dan berfungsi mengalirkan air kembali saat terjadi kevakuman dalam upper tank radiator / saat vakum valve bekerja






















2 comments:

  1. Apa keuntungan dan kekurangan penggunaan motor fan elektrik?

    ReplyDelete
  2. sistem pelumasan buatin lur

    ReplyDelete

RELATED POST

  • Tutorial Arduino PART I Blink LED
  • Sistem Bahan Bakar Motor Bensin
  • Cara Mengatasi Mesin Bensin yang Tiba-tiba Mati Mendadak di Jalan
  • komponen sistem kelistrikan bodi pada mobil
  • Rangkaian sistem kelistrikan bodi pada mobil
  • Cara Kerja Vakum Advance
  • close