Wednesday, May 11, 2016

CARA KERJA AIR CONDITIONER (AC)

Baca Juga


SISTEM AC (AIR CONDITIONER)


A.    PENGERTIAN
Sistem AC (Air Conditioner) adalah suatu sistem yang mengatur pengkondisian udara suatu ruang-ruang atau ruangan sesuai kehendak pemakai.

Pada sistem ac hasil akhir yang diharapkan adalah udara disekitar dapat terasa dingin ataupun bisa terasa hangat. Di iklim tropis seperti Indonesia maka yang dimanfaatkan adalah udara dingin. Namun di negara – negara Eropa justru sebaliknya yang dimanfaatkan adalah efek penghangatannya.


Prinsip pendinginan yang sederhana adalah saat kita menyentuh bensin maka akan terjadi efek dingin. Hal ini disebabkan karena panas dalam permukaan kulit kita diserap oleh bensin untuk merubah wujudnya menjadi uap. Karena panas di permukaan tangan diserap maka permukaan tangan akan terasa dingin.

B.     KOMPONEN
1.         Kompressor

         Gambar Kompressor Tipe Crank

Kompressor adalah komponen sistem ac yang berfungsi menaikkan tekanan, temperature refrigerant (Freon) yang berfasa gas serta mensirkulasikan refrigerant.

2.         Kondensor

            

                                               Gambar Kondensor

Suatu alat yang digunakan untuk memindahkan panas (heat exchanger) untuk memindahkan panas dari refrigerant ke udara luar sehingga akan terjadi kondensasi yang akan merubah fasa refrigerant dari gas menjadi cair.

3.         Receiver / Dryer

          Gambar Receiver / Dryer

Alat untuk menampung refrigerant serta untuk menyaring kotoran yang terdapat pada refrigerant dan memisahkan uap air yang terdapat pada refrigerant.

4.         Expansion Valve

              
                                                   
                                                 Gambar Expansion Valve

Adalah alat yang berfungsi menurunkan tekanan refrigerant dan merubah fasanya dari cair menjadi uap basah (kabut).
5.         Evaporator


Evaporator adalah alat pemindah panas (heat exchanger) yang berfungsi menyerap panas udara sekitar evaporator yang digunakan untuk menguapkan refrigerant. Karena panas yang ada disekitar evaporator diserap maka udara di sekitar akan menjadi dingin.

C.    CARA KERJA




Refrigerant yang berbentuk uap dari evaporator tekanan beserta temperatur dinaikkan oleh compressor selanjutnya refrigerant masuk ke kondensor. Dalam kondensor refrigerant diubah fasanya menjadi cair melalui proses kondensasi. Selanjutnya refrigerant ditampung, disaring kotorannya dan disaring uap air yang terdapat pada refrigerant oleh receiver / dryer. Selanjutnya refrigerant melewati katup ekspansi untuk diturunkan tekanannya dan diubah wujudnya menjadi uap basah (kabut). Refrigerant mengalir ke evaporator, pada evaporator refrigerant akan diuapkan dengan memanfaatkan udara di sekitar evaporator. Karena udara di sekitar evaporator diserap untuk menguapkan refrigerant maka udara disekitar evaporator akan terasa dingin.


Cara Memvakum Sistem AC

https://www.youtube.com/watch?v=gZWm8PaWtCU


No comments:

Post a Comment

RELATED POST

close