PRINSIP KERJA MOTOR BENSIN
LANGKAH HISAP
Pada proses ini piston bergerak dari Titik
Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) dimana posisi katup hisap terbuka
sehingga piston menghisap campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke
dalam silinder.
LANGKAH KOMPRESI
Pada proses ini piston bergerak dari Titik
Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati atas (TMA). Pada kondisi ini kedua katup
dalam posisi tertutup. Sehingga campuran udara dan bahan bakar ditekan oleh
piston. Pada kondisi ini tekanan dan temperature meningkat namun volume
menurun.
LANGKAH USAHA
Sesaat sbelum piston mencapai TMA pada
akhir langkah kompresi busi memercikkan bunga api. Sehingga campuran udara dan
bahan bakar akan terbakar dan terjadi ledakan yang menimbulkan tekanan pada
piston. Piston tertekan dan bergerak menuju TMB
LANGKAH BUANG
Setelah langkah usaha piston yang
digerakkan oleh poros engkol melalui batang penghubung (connecting rod) bergerak kembali menuju TMA dimana pada kondisi
ini katup buang terbuka sehingga gas sisa pembakaran akan terdorong oleh piston
menuju ke saluran buang. Setelah langkah ini piston melakukan langkah hisap
kembali dan seterusnya sehingga embentuk siklus.
Prinsip Kerja Motor Bensin 2 Langkah (2 Stroke Engine)
Pada mesin 2 langkah satu kali proses kerja
( satu siklus) hanya menghasilkan 1 putaran poros engkol. Sedangkan pada motor
4 langkah satu kali proses kerja menghasilkan 2 putaran poros engkol. Pada mesin
2 langkah satu kali langkah piston sekaligus mengerjakan 2 langkah kerja. Saat
piston bergerak dari TMB ke TMA piston mengerjakan langkah Hisap sekaligus
langkah kompresi dan saat piston bergerak dari TMA ke TMB piston melakukan
langkah usaha dan langkah buang. Kelebihan pada motor 2 langkah ini adalah
memiliki akselerasi yang lebih baik dari mesin 4 langkah namun memiliki knsumsi
bahan bakar yang ebih banyak.
LANGKAH HISAP DAN KOMPRESI
Saat piston bergerak dari TMB menuju ke
TMA campuran udara dan bahan bakar pada crankcase masuk ke dalam silinder
melalui saluran bilas karena kevakuman di dalam silinder. Bahan bakar ditekan
piston menuju TMA dan menutup saluran buang sehinga terjadi kompresi.
Pada langkah ini karena tidak memiliki
katup pada saluran buang saat piston bergerak ke atas menekan bahan bakar
saluran buang yang belum tertutup oleh piston mengakibatkan adanya campuran
udara dan bahan bakar yang ikut menuju ke saluran buang sehingga menimbulkan
kerugian yang cukup besar pada efisiensi bahan bakar.
Bahan bakar yang digunakan pada motor 2
langkah wajib bercampur dengan minyak pelumas (oli samping) sekaligus untuk
melumasi dinding silinder dan piston dari keausan. Sedangkan untuk bagian poros
engkol dilumasi oleh minyak pelumas yang ada pada crankcase (oli mesin).
LANGKAH USAHA DAN BUANG
Sesaat sebelum TMA busi memercikkan bunga
api sehingga campuran udara dan bahan bakar terbakar dan piston tertekan
kebawah sehingga piston bergerak dari TMA menuju TMB sekalikus membuka saluran
buang sehingga gas sisa pembakaran langsung menuju ke saluran buang.
No comments:
Post a Comment